5 Nov 2010

Merapi, cepet sembuh ya..

udah pada tau kan, kalo Gunung Merapi lagi 'ngamuk'? iya bener-bener ngamuk. ngamuknya dalam artian ngeluarin abu vulkanik yang lebih dikenal 'wedhus gembel' dari dalam perutnya. rumahku kan di kabupaten magelang tapi agak jauh dari merapi, sekitar 30 kilo-an. tapi gemuruh merapi waktu ngeluarin awan panas kedengeran lho! bahkan orang-orang yang di kota magelang juga denger. bener-bener mencekam deh!

trus misalnya liat sendiri di kota-kota sekitar merapi ya, udah putih semua gara-gara hujan abu vulkanik. jalan, pohon, atap rumah, mobil, semuanya. jadi kayak salju tapi kalo yang ini 'salju' vulkanik :p. jadi kemana-mana tuh kita harus pake masker. bahkan, anak-anak sekolah juga dipulangin awal. malah besok sabtu hampir seluruh sekolah di kota magelang libur. alhamdulillah =D. iyalah, masa kita harus sekolah ditengah kondisi berdebu yang membahayakan jiwa? #lebay. lagipula gimana mau berangkat sekolah, angkotnya aja gak ada! kan kalo berangkat sekolah aku naik engkel (bis kecil) jurusan muntilan-magelang. tapi selama erupsi merapi gak ada yang berani bawa angkutan sampe muntilan. jadi kalo mau berangkat plus pulang kita harus naik angkot 2 kali deh
ditambah lagi setiap hari tuh matahari gak pernah senyum. mendung mulu. jadi jam 11 siang tuh kayak udah jam 5 sore. setiap sore juga hujan deres plus mati lampu, dingin lagi suasananya. pokoknya udah kayak kota mati gitu deh kalo udah diatas jam 4 sore. gak ada yang berani keluar rumah. takut pada kecelakaan soalnya abu vulkanik dijalan kalo kena air ujan jadi licin. banyak pohon tumbang lagi! brrr... ngeri abis!

nah, pagi tadi kan merapi meletus lagi nih, bahkan lebih gede dari yang sebelumnya. terus sama pemerintah kawasan aman dari erupsi merapi diperluas jadi 20 km. soalnya banyak korban gara-gara si wedhus gembel. katanya sih lebih dari 50 orang! ih, ngeri banget! gara-gara itu jadi banyak tempat pengungsian yang harus pindah. 
bahkan desa mertoyudan -tempat aku tinggal- ada 3 tempat yang dijadiin tempat pengungsian. bapak ibuku, sebagai kepala desa, jadi ikut-ikutan sibuk nyiapin konsumsi dan tempat buat para pengungsi. kasian banget, soalnya pengungsinya cuma dikasih mi instan ato nasi bungkus -itu aja nasi en lauknya dikit- emang sih banyak bantuan tapi hampir semuanya dalam bentuk mi instan. kan, makan mi instan cuma ngenyangin doang tapi gak ada gizinya. dana dari pemkab juga katanya cuma dikit. jadi bener-bener prihatin deh, waktu lihat pengungsinya. udah gak punya tempat tinggal, makan seadanya, kalo malem kedinginan. jadi bersyukur banget deh, kita gak perlu ngungsi.

mungkin ini peringatan dari Yang Di Atas kalo bumi ini makin tua dan rusak. jadi harus bener-bener dijaga. enggak malah tambah dirusakin. mungkin juga peringatan kalo kiamat emang makin deket biar kita tambah rajin beribadah.
tapi, yang pasti kita semua harus berdoa semoga seluruh wilayah NKRI tercinta ini aman dari segala bencana. dan rakyatnya aman sentosa. Amin! =)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar